Mengatasi burung kenari yang birahinya rendah


Apabila Anda menjumpai kenari jantan sudah mencapai umur dewasa kelamin, tetapi suaranya masih saja ngeriwik, kemungkinan besar birahinya rendah. Solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan treatment pakan, terutama yang kaya protein untuk memacu peningkatan kadar hormin testosteron.



Tetapi treatment pakan tidak pernah bersifat instan, karena sari-sari makanan harus berproses dulu secara pelan-pelan, mulai dari pendistribusian sari-sari makanan ke seluruh jaringan tubuh selama beberapa minggu, sampai kondisi kekurangan protein itu berhasil teratasi.

Untuk solusi yang lebih cepat dan tanpa efek samping, Anda bisa mendongkrak birahi burung jantan dengan Treatmen  yang khusus untuk meningkatkan birahi burung. Treatment ini banyak dijual di toko penjual burung. Prinsip kerja treatmen ini adalah :
Pertama, langsung menambah hormon testosteron dalam darah, sehingga birahi burung akan meningkat, sehingga lebih cepat bergairah dan berkicau.

Kedua, menjadi stimulan atau perangsang untuk pembentukan hormon testosteron secara alami dalam tubuhnya. Pada burung jantan, hormon testosteron dihasilkan oleh testis.

Burung betina pun sebenarnya memiliki hormon testosteron, dihasilkan oleh ovarium, tapi jumlahnya hanya 1/20 daripada kadar testosteron burung jantan. Itu sebabnya, pada sebagian besar spesies burung, suara burung jantan lebih merdu dan lebih keras.