Tahapan suara kenari berdasarkan umur

.
Faktor usia memang sangat menentukan kapan burung kenari jantan mulai berkicau untuk menunjukan minatnya terhadap burung betina. Seperti dijelaskan sebelumnya, umur dewasa kelamin kenari jantan rata-rata 7-8 bulan.

Pada burung muda yang belum mencapai umur dewasa kelamin, misalnya umur 5 – 7 bulan, biasanya dia hanya akan bersuara kecil atau belajar berkicau yang terdengar seperti bergumam atau ngeriwik.
Sekitar satu bulan berikutnya, atau ketika kenari memasuki usia 6-7 bulan, dia mulai sering melantunkan suara ngerolnya meski terdengar agak terputus-putus, karena memang masih dalam tahap belajar.

Pada umur 7-8 bulan, atau ketika memasuki umur dewasa kelamin, saat itulah burung seharusnya sudah mampu berkicau dengan lantang, membawakan lagu aslinya yang panjang.etelah berusia 9 -10 bulan katau lebih, kenari mampu berkicau dengan variasi isian sesuai dengan apa yang didengarnya saat menjalani program pemasteran. Makin banyak isian suara yang masuk ke dalam memori burung, makin banyak juga variasi lagu yang bisa ditampilkannya saat dewasa.

Lalu, bagaimana jika kenari sudah berusia lebih dari 7 – 8 bulan, tetapi tidak mampu berkicau seperti burung kenari jantan lainnya? Di sini kita patut mencermati apa jenis kelamin dari kenari yang kita miliki.

Kalau sudah berbulan-bulan dirawat tapi burung masih tidak menunjukan suara atau kicauannya, ada kemungkinan burung tersebut betina. Sebab burung betina hanya akan bisa bersuara lantang seperti halnya burung jantan setelah berusia 1 tahun lebih.