Eggfood Untuk Kenari

Eggfood untuk tambahan nutrisi Eggfood merupakan makanan penting untuk setiap jenis burung pemakan biji seperti burung kenari. Jika burung hanya di beri makan biji-bijian, maka akan menyebabkan kekurangan nutrisi, karena biji-bijian tidak mengandung cukup vitamin,  jika anda seorang peternak burung kenari. untuk mendapatkan kondisi sempurna burung, maka eggfood wajib untuk anda berikan. Egggfood yang tepat mengandung protein hewani, mineral dan juga asam amino esensial lisin dan metionin.

Bagaimana seharusnya Eggfood diberikan? Kita harus mempertimbangkan tiga periode penting bagi burung, yaitu periode pemeliharaan, periode molting/mabung dan periode istirahat. Untuk setiap periode pemberian eggfood harus disesuaikan. Pada periode pembibitan, juga dalam persiapan dan selama fase bersarang eggfood harus diberikan setiap hari. Tentu saja, untuk pemeliharaan dari bersarang juga jadwal harian pemberian eggfood bisa menjadi begitu penting. Pada periode molting,  jadwal harian eggfood juga dianjurkan. 

Penangkaran dan periode mabung adalah periode produktif dan waktu yang sama menegangkan bagi kenari dewasa maupun piyikan. Selama waktu ini, burung-burung membutuhkan permintaan yang lebih tinggi dari mineral dan asam amino, dan komposisi eggfood berisi keduanya. pada periode istirahat jadwal pemberian  eggfood dapat dikurangi menjadi tiga kali seminggu. Ini adalah waktu pemeliharaan dan membuat tuntutan pemberian eggfood dapat dikurangi. Hal ini dipastikan dalam setiap hal  pasokan vitamin, mineral dan asam amino.

Beda burung berbeda pula untuk jenis eggfood yang harus di berikan. Di pasaran banyak jenis eggfood yang ditawarkan, sangat penting memberikan burung dengan  eggfood dan jangan bermain-main dengan pakan yang terlihat seperti remah-remah , bahkan tidak ada perbedaan dapat ditemukan pada kualitas bahan . Untuk burung kecil seperti burung finch atau zebra  eggfood terlihat seperti  remah-remah halus,  untuk spesies yang lebih besar seperti parkit dan burung beo terlihat remah-remah yang lebih besar yang ditawarkan . Setiap peternak kenari harus berhati-hati untuk memilih jenis eggfood untuk kenari. dan di pasaran umumnya, produsen menawarkan dua , bahkan sekarang tiga jenis eggfood khusus untuk jenis kenari .

Untuk burung kenari dengan warna dasar kuning adalah eggfood standar yang ditawarkan . Untuk kenari merah/red faktor eggfood ditambahkan dengan pewarna buatan yang cukup telah ditawarkan . Sebagai variasi lebih lanjut , dan untuk campuran kini sedang ditawarkan di pasaran , yang dibuat khusus untuk burung kenari dengan warna putih yang kini mulai ramaii dan kenari dengan faktor mosaik (mosaic factor) . Campuran khusus ini diproduksi tanpa tambahan pewarna buatan untuk menghindari noda warna bulu tersebut . Eggfood juga sangat cocok untuk aditif lanjut yang mencampurkan seperti vitamin , mineral dan juga obat-obatan . Ini , penyerapan yang lebih baik dari aditif yang akan dapat dicapai , terutama jika mereka tidak dapat larut dengan air  atau burung tidak minum begitu banyak , seperti parkit dan parrots.
Untuk memastikan penyerapan yang baik dari eggfood , disarankan untuk mencampur pakan dengan beberapa tetes air bersih , untuk memperoleh campuran remah . Cincang buah atau sayuran , tergantung pada spesies burung , juga variasi biji-bijian  yang cocok untuk mendapatkan komposisi yang yang tepat, dan dari eggfood segar setiap hari,  harus menjadi keharusan bagi birdkeeper apapun, dan simpanlah eggfood dalam tempat kering dengan wadah tertutup rapat.